Ada beberapa asumsi psikologi konsumen dalam penetapan harga diantaranya :
1. Harga Referensi
2. Asumsi Harga - Kualitas
3. Akhiran Harga

Ada beberapa istilah strategi penetapan harga :
1. Discount Pricing
2. Less Pricing
3. Leader Pricing
Misalnya Carefour menggunakan "Harga Heboh", Giant "Murah Habis", Hypermart "Cek Harga", Yogya "Harga Heran"
4. Bottom Pricing

EDLP ( Everyday Low Pricing ) adalah Menekankan kontinuitas harga retail pada level antara harga non obral atau reguler dan harga obral diskon besar pesaing retail ( tidak selalu berarti termurah )

HLP ( High Low Price ) adalah strategi cross-pricing dimana peritel mendiskon beberapa item barang dengan harga serendah mungkin ( bahkan tanpa profit + meminta discount promosi dari supplier untuk periode tertentu ), dan menaikkan harga beberapa barang lain untuk menutupi margin yang hilang di barang terdiskon

Beberapa macam penerapan biaya :
1. Harga Presentase
2. BEP Pricing
3. Owner Pricing
4. Markups

Secara umum ada 2 pendekatan dalam menentukan harga, yaitu :
1. Cost - Oriented
2. Demand - Oriented