Studi Kasus kali ini yaitu tentang pemilihan lokasi ritel di Galaxy Mall Surabaya yang menghadirkan banyak outlet dengan produk branded dan Lux mulai dari kebutuhan makanan, pakaian maupun elektronik. Nah dengan target menengah ke atas kalau kita mau buka toko sebaiknya pilih yang bagaimana ya ? Saya sendiri kurang puas dengan jawaban studi kasus tersebut karena masih terlalu umum dan biasa - biasa saja

Keputusan pemilihan lokasi Ritel, sangat penting untuk dipertimbangkan karena :
1. Lokasi terbaik semakin sulit didapatkan
2. Lokasi yang nyaman, namun biaya sewa tinggi
3. Kontrak yang sulit
4. Dihadapkan pada pilihan menata ulang kembali

  Jadi pemilihan Lokai Ritel itu sebaiknya yang bagaimana ? Ada beberapa faktor yaitu :
1. Faktor yang mempengaruhi permintaan suatu wilayah atau area perdagangan
- skala ekonomi
- demografi dan karakteristik gaya hidup
- iklim bisnis
- kompetisi
- masalah masalah lokasi secara global

2. Faktor yang mempengaruhi daya tarik suatu lokasi ( aksesibilitas )

3. Area perdagangan
- zona primer : area geografis dimana toko atau pusat perbelanaan tersebut mendapatkan 60% dari pada pelanggannya
- zona sekunder : mendapatkan 20%
- zona tersier