Mengikuti kelas di Edmodo adalah hal yang baru bagiku. Tetapi rasanya memang seperti sedang berada di dalam kelas, ada menu backpack yang bisa di isi bermacam-macam  pelajaran yang bisa dibuka sewaktu-waktu. Seperti memakai Tas virtual, ada pula planner, atau bisa dibilang jadwal. Agar setiap harinya kita punya rencana atau jadwal yang sengaja kita sesuaikan sendiri. Dan yang paling membuatku heran, yaitu soal kuis. Benar-benar kelas profesional, saat meng "klik" kerjakan soal, kita tidak tahu apa saja isi soal tersebut. Disitu juga tertera waktu mengerjakan hanya 24jam.  dan setelah meng "klik submit" atau lewat 24 jam, soal tersebut akan hilang, atau tidak dapat terlihat lagi ( hadeh, tidak ada waktu buat ngepek atau nyonto tanggane )

    Untung Saja mbak Rubi, wakil ketua kelas kami mencatat soal tersebut. Disini akan Saya share soal dan jawaban pribadi Saya, yang semata-mata untuk dokumentasi pribadi ( bukan untuk pamer jawaban ). Sebelumnya Saya kurang mengerti, kalau ternyata di dalam folder ada banyak materi. Saya tidak meng klik semuanya. Mungkin itulah kenapa menurut Saya jawaban ini kurang lengkap.
Mungkin menurut Saya akan lebih baik apabila setelah mengerjakan tugas lalu di diskusikan bersama dosen, jawaban apa dan bagaimana yang benar !!!.

1.Dalam rangka menjalankan aktivitasnya, toko ritel perlu memberikan layanan tambahan. Apa saja layanan tambahan yg bisa di berikan dan apa tujuan memberikan layanan tambahan tersebut?
- Serve Customer
- Good Organisation
- The Merchandiser

(# saya kurang yakin dengan jawaban ini )

2.Ada tujuh komponen bauran ritel atau ritel mix yg membutuhkan perhatian detail untuk mendukung kesuksesan ritel menurut Levy dan weitz dalam bukunya Retailing management.Apa saja ketujuh komponen tersebut?
-  Management harga
-  Management stok barang
-  Management layanan jasa
-  Management desain dan layout
- Management suasana
- Management komunikasi
- Management lokasi

(# kesemua detail diatas biasanya terlewatkan oleh peritel yang baru saja membuka usahanya tanpa konsep dan management yang baik sehingga sering kali menjadi penghambat suatu usaha )

3.Saat ini telah banyak berkembang ritel dengan format-format baru.Apa saja jenis format yg anda ketahui?
- non store
- store

(# Saya lupa dengan jawaban asli di kuis kemarin (>_

4.Ada ritel yg di lakukan di luar toko (non store) jelaskan apa maksudnya dan berikan contoh nya ?
     Ritel yang dilakukan di luar toko, yaitu seorang peritel yang menjual barang dagangannya tidak sebatas di toko saja. Misalnya
- katalog
- email
- ecomerce ( facebook, ebay, kaskus )
- penjualan langsung ( misalnya dari rumah ke rumah )

(#cara ini menurut saya sangat instant, dan juga lebih murah dari pada menyewa toko yang harga sewa nya mahal )

5.Apa convenience store itu ?
   Convenience store adalah Toko berukuran mini yang menjual barang-barang yang sering digunakan oleh konsumen dalam kesehariannya, tetapi konsumen tersebut tidak bersedia untuk menghabiskan waktu berbelanja mereka ( memilih cara instant ) untuk mendapatkannya, misalnya : koran, rokok, permen, dll

(#convenience store dengan cabang terbanyak misalnya 7-eleven, alfa mart, indomart

6.Menurut anda apa kelebihan nya dan  kekurangan nya membuka toko dengan membeli waralaba ?
  Kelebihan :
-  produk sudah dikenal oleh masyarakat
- management sudah terbangun
-  adanya pelatihan
-  tidak membutuhkan modal besar

  Kekurangan :
- tidak bisa ber inovasi
- harus membayar fee
- tergantung pada reputasi waralaba lain
- terikat dengan suplier

     Pahami materi sebelum mengerjakan, semoga nantinya antara teori dan praktek dapat berjalan sesuai yang diharapkan ! Amin