Setelah mendapat tugas untuk mengamati Convenience Store di sekitar tempat tinggal, yang sebenarnya baru dikerjakan di akhir pekan karena Saya jarang keluar rumah, beberapa toko atau lebih tepatnya sebagian besar toko Saya amati dengan berkeliling di 4 lantai mall di dekat MTR Station Chaiwan. Setelah mengikuti kelas Ritel ini, pengamatan menjadi menarik, semua mengacu pada pertanyaan kenapa bisa ramai juga kenapa beberapa diantara toko tersebut sepi pengunjung.
Akhirnya Saya mengambil contoh untuk tugas Saya ini, yaitu toko "Sasa". Siapapun pasti sudah tahu, toko Ritel yang cabangnya tersebar di penjuru Hong Kong ini adalah toko kecantikan, yang menjual berbagai produk kosmetik. Letaknya bersebelahan dengan toko-toko sejenis yang menjual produk yang sama. Akan tetapi menariknya toko tersebut tetap ramai pengunjung. Menurut Saya, letak yang bersebelahan dengan toko sejenis justru menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan, dan justru lebih banyak menarik pelanggan, Dimana mereka dapat melihat lebih banyak barang yang sama dengan variasi dan cara penjualan yang berbeda di setiap toko yang berdekatan tersebut.
Kenapa toko "Sasa" ramai pengunjung :
1. Banyak memberikan discount, misalnya setiap pembelian diatas $300 free lip gloss atau ada juga beberapa kosmetik buy one get one free
2. Good service atau Pelayanan yang ramah, mereka sabar ketika seorang pelanggan cerewet bertanya sampai detail tentang suatu produk yang ingin dibelinya
3. Ada ratusan cabang
4. Display yang menarik dan tidak membingungkan pembeli. ( misal bedak di rak1, mascara di rak2 )
5. Nama "Brand" yang sudah populer
Selain mengamati sebuah convenience store yang ramai pengunjung, Saya juga mengamati toko baju yang sepi pengunjung.
Menurut Saya masalahnya adalah :
1. Lokasi yang kurang strategis
2. Pelayanan yang kurang ramah
3. Display ( baju ) jarang up to date
4. Harga yang mahal
Ada pula pertanyaan seperti ini. Apa yang paling penting dalam mengelola sebuah toko, lalu apa yang menjadi penghambat terbesar dalam usaha ritel dan rencana untuk mengatasi hambatan tersebut. Saya sebenarnya kurang paham apa yang akan Saya lakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Mungkin masalahnya ada pada pelanggan, dan juga persaingan.
Semakin menarik saja pelajaran jarak jauh ini... bagaimana dengan tugas pengamatan Anda ?
0 komentar:
Posting Komentar