Hirarki adalah tingkatan produk yang dimulai dari kebutuhan dasar sampai dengan item tertentu yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut.
7 Tingkatan Hierarki :
1. Need Family : Produk / manfaat inti
2. Produk Family : Produk Dasar mis, tabungan dan penghasilan
3. Product Class : sekumpulan family produk yg mempunyai hubungan fungsioal mis, instrumen finansial
4. Product Line : sekumpulan produk dalam product class yg berhubungan erat mis, asuransi jiwa
5. Product Type : item dalam product line yang memiliki bentuk tertentu
6. Brand (merk ) : nama yang dapat dihubungkan dengan satu atau lebih item dalam product Line
7. Item : unit khusus dalam suatu merk atau product line yang dapat dibedakan
Suatu Produk akan mengalami beberapa tahapan diantaranya :
1. Tahap Perkenalan ( Introduction )
Dipasarkan dalam jumlah besar dnan volume penjualan yang umumnya masih relatif kecil. Biaya yang dikeluarkan untuk promosi masih relatif tinggi
2. Tahap Pertumbuhan ( Growth )
Pada tahap ini permintaan akan produk meningkat pesat, karena produk sudah dikenal masyarakat. Oleh karena itu perusahaan perlu meningkatkan brand loyality ( kesetiaan terhadap merk ). Pesaing yang memproduksi barang yang hampir sama sudah mulai masuk pasar
3. Tahap Kedewasaan ( maturity )
Penjualan produk sampai puncaknya, penjualan mulai berkurang, persaingan semakin ketat
4. Tahap Penurunan ( Decline )
Masyarakat mulai menolak kehadiran barang ( tidak mau membeli ), laba perusahaan mulai berkurang
Kebiasan belanja konsumen :
1. Shopping Goods
Dibeli dengan mempertimbangkan segala karakteristik untuk melihay kecocokannya, mutu, harga, model
2. Specialty Goods
Barang yang emiliki karakteristik unik atau identifikasi merk tertentu
3. Unsought Goods
Barng yang tidak diketahui pembeli atau diketahui akan tetapi mereka tidsk berfikir untuk mmbelinya
4. Convenience Goods
Barang yang mudah dipakai, bis dibeli disembarang tempat di ssetiap waktu
Brand Equity adalah Nilai Finansial yang melekat pada suatu merk
0 komentar:
Posting Komentar