Blue ocean strategi ( strategi samudra biru ) adalah  strategi untuk melepaskan kita dari kondisi dimana persaingan semakin ketat untuk mendapatkan pelanggan atau pasar  yang sama dengan kompetitor.

4  tindakan strategi samudra biru :
1. Eliminate ( hapuskan ) unsur-unsur yang tidak bernilai dari produk
2. Reduce ( kurangi ) unsur-unsur nilai yang kurang tetapi masih diperlukan
3. Raise ( tingkatkan ) unsur-unsur yang akan dijadikan keunggulan dari produk
4. Create ( ciptakan ) hal-hal baru yang belum pernah ada di industri tersebut

Faktor yang harus diperhatikan dalam Value Innovation :
1. Biaya harus lebih kecil dari pendapatan supaya tidak terjadi kerugian
2. Bagaimana cara untuk menaikan value diikuti dengan menurunkan biaya, akan tetapi pelanggan tidak merasa kecewa dengan pengurangan tersebut.
3. Hanya menambah value tanpa menurunkan biaya bisa menyebabkan kerugian

Bagaimana cara menurunkan biaya ?
Misalnya Air Asia yang populer dengan harga murah. Kenapa mereka bisa murah, yaitu biaya operasional diturunkan misalnya dengan pesan tiket secara online dan mengurangi counter di bandara. Pelanggan tidak merasa kecewa dengan pengurangan biaya tersebut karena puas dengan value ( harga murah )