Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran ritel. Diantaranya
1. Target pasar Retail
2. Format yang direncanakan oleh Ritel untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan target pasar
3. Dasar perencanaan Ritel untuk memperoleh keuntungan bersaing yang dapat dipertahankan
Dalam bauran ritel atau yang biasa disebut Retail Mix, strategi pemasaran dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut
1. Variasi barang dagangan atau jasa
2. Harga
3. Iklan atau promosi
4. Tata ruang
5. Desain store
6. Lokasi store
7. Pengelolaan barang dagangan
Tugas pengamatan kali ini, di daerah saya, Chaiwan, Hong Kong ada beberapa Ritel besar seperti Wellcome dan Park n Shop yang tidak pernah sepi pembeli. Padahal ke dua toko tersebut menjual berbagai kebutuhan rumah tangga yang hampir sama. Ini yang disebut memperoleh keuntungan bersaing yang dapat dipertahankan. Dalam pengamatan tersebut, ada beberapa yang saya peroleh. Diantaranya :
1. Loyalitas konsumen
Konsumen yang loyal atau setia untuk berbelanja di suatu ritel tertentu, berarti mempertahankan keuntungan dari para pesaing. Di Wellcome, apabila kita berbelanja minimal $60 maka mendapat 1 stiker yang apabila dikumpulkan nominal tertentu bisa ditukar dengan tas dan koper angry bird. Ini merupakan keuntungan, karena kebanyakan ibu rumah tangga tertarik untuk menukar dengan hadiah tersebut.
2. Lokasi
Lokasi ini sudah pernah di bahas pada pelajaran PER ( Pengantar entepreneur ritel ) bisa di klik di http://dunia-ritel.blogspot.com/2013/05/analisa-swot.html?m=1 Lokasi Wellcome pada satu wilayah bisa terdapat 2 lokasi. Ini pastinya sudah diperhitungkan dan mengacu pada IPM ( indeks perkembangan manusia ) di masa mendatang
3. Management SDM ( Sumber Daya Manusia )
Sumber daya manusia adalah sangat penting untuk perkembangan Ritel itu sendiri, baik dalam pelayanan, management persediaan barang, di Wellcome ini sangat baik
4. Sistem distribusi dan Info
Seminggu 2x saya pergi ke pasar, setidaknya dalam seminggu sekali saya melihat adanya barang datang dari supplier Wellcome. Itu berarti perputaran atau pendistribusian nya sangatlah cepat, dibantu dengan info atau iklan di tv maupun koran. Setiap ada diskon kami selalu mampir berbelanja di wellcome
5. Barang dagangan yang unik
Barang dagangan ini bisa berarti brand yang tidak dijual di tempat lain. Di wellcome, terdapat beberapa produk yg dikeluarkan oleh wellcome itu sendiri seperti garam, gula, beras, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya dengan merk dagang NoFrills
6. Hubungan para pedagang
Walaupun ada saingan seperti Park n Shop, 7eleven ( sevel ) dan Ritel lain, hubungan para pedagang ini sangatlah baik,, persaingan terjadi secara sehat
7. Layanan konsumen
Pelayanan di kasir terbilang cepat dan ramah.
0 komentar:
Posting Komentar